Kantor BPS Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan direvitalisasi tahun 2011. Kabar gembira tersebut disampaikan Kepala BPS RI, Rusman Heriawan, di Brebes dalam kunjungan minggu pertama di bulan Maret 2010 ke beberapa BPS Kabupaten/Kota se-eks Karesidenan Pekalongan.

Gambar Bangunan Kantor BPS Kabupaten Brebes

Gambar Bangunan Kantor BPS Kabupaten Brebes

Kunjungan Kepala BPS RI ke Kantor BPS Kabupaten Brebes

Kunjungan Kepala BPS RI ke Kantor BPS Kabupaten Brebes

Lokasi bangunan BPS Kabupaten Brebes cukup strategis, terletak di Jalan MT Haryono, berdekatan dengan Stadion Brebes yang sering digunakan sebagai wahana pameran pembangunan selain sebagai sarana olah raga. Di sekitarnya terdapat kantor/instansi tetangga seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, SMAN 3 Brebes, KPU, Panwaslu, Camat Brebes, Gedung KORPRI, Dinas Perindustrian clan Perdagangan, Inspektorat Kabupaten, Dinas Pengelola Keuangan Daerah, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Saat ini kondisi bangunan BPS Kabupaten Brebes terkesan jadul (jaman dulu). Menurut petunjuk Kepala BPS RI, bangunan bagian depan akan disesuaikan dengan prototype Kantor BPS Kota/Kabupaten, sementara bagian belakang tetap seperti sedia kala.

Rusman juga menyampaikan program yang akan dilaksanakan BPS RI dalam meningkatkan kinerja antara lain penggantian kendaraan operasional sepeda motor lama (keluaran di bawah tahun 2000) dengan kendaraan baru dan pengadaan 3.000 laptop untuk KSK dalam rangka elektronik survey (e-survey).

 Tak lupa Rusman juga mengecek tingkat kesiapan BPS Kabupaten/Kota dalam melaksanakan Sensus Penduduk 2010 dan mengingatkan seluruh jajaran BPS bahwa semangat menyukseskan Sensus Penduduk 2010 tanpa harus merupakan pekerjaan rutin seperti Sakernas 2010 (untuk menghitung angka pengangguran), Susenas 2010 (untuk menghitung angka kemiskinan), PDB/PDRB, Inflasi, Statistik Industri, dan pekerjaan rutin lainnya. “Tidak ada yang prioritas, semua sama pentingnya, dan tidak boleh ada yang ditinggalkan,” begitu tandasnya dalam acara pengarahan kepada seluruh pegawai BPS Kabupaten Brebes, BPS Kabupaten Tegal, dan BPS Kota Tegal didampingi Lukito (Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah) serta pejabat lainnya di lingkungan BPS Jawa Tengah.

Nurdin, Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Kabupaten Brebes

 Sumber Berita : VARIA STATISTIK, April 2010 hal. 19