Pada tanggal 2 – 30 Juni BPS akan melakukan pendataan sapi potong, sapi perah, dan kerbau. Sekedar ingin membantu bagi yang kurang mengetahui jenis-jenis sapi mengenai bentuk dan ciri-cirinya, maka tulisan ini dibuat. Mudah-mudahan bermanfaat.

Pertama, Sapi Bali

Adalah sapi asli Indonesia yang merupakan keturunan langsung dari banteng liar (Bos Sundacius) yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Warna bulu :
a.    Betina    :    berwarna merah, lutut kebawah berwarna putih, pantat putih berbentuk setengah bulan, garis belut pada punggung, ujung ekor hitam.
b.    Jantan    :    berwarna hitam, lutut kebawah berwarna putih, pantat putih berbentuk setengah bulat, ujung ekor hitam.

Tanduk :
a.    Betina    :    pendek kecil.
b.    Jantan    :    tumbuh baik berwarna hitam.
Bentuk badan :
a.    Betina:    bentuk kepala panjang, halus dan sempit, leher ramping, badan pendek kecil.
b.    Jantan:    bentuk kepala lebar, leher kompak dan kuat, dada dalam dan lebar.

Sifat-sifat lainnya :

  1. Ternak perintis (mudah beradaptasi dengan lingkungan baru).
  2. Efisien dalam memanfaatkan sumper pakan.
  3. Persentase karkas tinggi, dagingnya rendah lemak, tingkat kesuburan cukup tinggi, tipe pekerja yang baik.
  4. Bulu berwarna merah bata, pada jantan akan menjadi hitam saat dewasa, ada warna putih mulai dari kaki paling bawah hingga belakang paha, pinggiran bibir atas, kaki, mempunyai gumba yang bentuknya khas serta terdapat garis hitam yang jelas di bagian atas punggung.

 

Gambar Sapi Bali

 

Gambar Sapi Bali

 

Gambar Sapi Bali

 

Sumber : BPS dan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pendataan sapi Potong, Sapi Perah, dan Kerbau 2011 : Pedoman Pencacah, Jakarta, 2011